Keistimewaan Kayu Jati

Senin, 28 Februari 2011
Berbicara mengenai jenis kayu yang sangat berkualitas,tentu tidaklah salah bila kita menyebut kayu jati.

Mengapa ?

Karena kayu jati merupakan kayu kelas satu karena kekuatan, keawetan dan keindahannya. Secara teknis, kayu jati memiliki kelas kekuatan I dan kelas keawetan I. Kayu ini sangat tahan terhadap serangan rayap. Meskipun keras dan kuat, kayu jati mudah dipotong dan dikerjakan, sehingga disukai untuk membuat furniture dan ukir-ukiran. Kayu yang diampelas halus memiliki permukaan yang licin dan seperti berminyak. Pola-pola lingkaran tahun pada kayu yang nampak jelas menggambarkan umur dari kayu itu, semakin banyaknya lingkaran tahun menandakan semakin tua kayu tsb tumbuh,sehingga menghasilkan gambaran yang indah. Dengan kehalusan tekstur dan keindahan warna kayunya, jati digolongkan sebagai kayu mewah.Dan juga salah satu kelebihan dari kayu jati adalah sangat tahan digunakan atau di letakkan di luar ruangan tanpa berubah bentuk yang disebabkan oleh cuaca. Oleh karena itu, jati banyak diolah menjadi mebel taman, mebel interior, kerajinan, panel, dan anak tangga yang berkelas. Kayu jati memiliki struktur morfologi yang unik dan jarang ada pada beberapa jenis kayu di indonesia. Keistimewaan kayu jati salah satunya terletak pada struktur lignin dan kambium yang lebih tebal, semakin tua usia pada kayu jati tersebut akan semakin tebal pula kandungan kambium di dalamnya sehingga membuat kayu jati terlihat lebih kokoh dan kuat.

Mengapa lebih diutamakan kayu jati tua daripada jati muda? Sebelumnya kita harus mengetahui spesifikasi antara kayu jati tua dan kayu jati muda. Kayu jati muda memiliki serat yang besar dan memiliki tekstur permukaan yang sedikit bergelombang dan juga warnanya putih kurang memikat. Sebaliknya, kayu jati tua memiliki serat yang halus dan pori-pori yang kecil,sementara itu kayu jati tua juga memiliki tekstur permukaan yang halus dan padat dengan warna coklat tua yang memikat. Jadi,untuk menampilkan agar terkesan elegan dan kokoh diutamakan menggunakan kayu jati yang tua. Keistimewaan lain dari kayu jati a.1. Yang pasti keistimewaan yang pertama adalah ketahanannya terhadap rayap.Jadi bisa dipergunakan dalam masa yang relatif jauh lebih panjang dari pada kayu jenis lain.Untuk ukuran kayu tua,masa ketahannya bisa mencapai 20 tahun bahkan lebih. ( Dengan catatan tidak di letakkan atau di tempatkan secara langsung pada tanah) a.2. Harga jual kembali kayu semakin mahal. Adapun faktor yang menyebabkan harga kayu semakin mahal adalah ukuran dan umur kayu. 2.a. Ukuran kayu turut menentukan harga. Kayu yang memiliki ukuran besar atau lebar (dalam hal ini memiliki lebar di atas 30 cm) harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan kayu jenis lain dengan besar dan lebar yang sama. Alasan yang menyebabkan perbedaan tersebut adalah sulitnya memperoleh kayu jati dengan ukuran tersebut. Sebagai catatan masa tumbuh kayu jati untuk menjadi besar relatif lebih lama bila dibadingkan dengan kayu non jati. Masa panen kayu jati berada dikisaran di atas 30 tahun sedangkan kayu non jati rata - rata bisa dipanen dalam kurun waktu sekitar 15 tahun. 2.b. Kayu jati antik/kuno. Yang masuk dalam kategori kayu kuno atau antik adalah kayu lama. Biasanya kayu antik ini adalah kayu bongkaran perahu yang sudah lama atau kayu bekas bongkaran rumah - rumah kuno atau rumah adat. Salah satunya yang menyebabkan harganya mahal karena nilai historisnya.

See Our Teak Furniture Products >>




0 komentar:

Jati Ornament Gallery adalah distributor barang kerajinan/handycraft berbahan dasar kayu jati yang berkualitas. Kayu jati yang digunakan adalah kayu jati pilihan, yang dapat bertahan sangat lama dengan perawatan yang tepat. Berpusat di Sumenep, Madura, Jati ornament gallery menomorsatukan kualitas bahan dan corak warna coklat alami yang natural dan elegant. Dengan harga yang kompetitif dan bersaing, Jati Ornament Gallery sempurna untuk menciptakan suasana elegant ruangan anda.
Transaksi yang dilakukan mudah dan terjamin keamanannya. Barang akan sampai kepada konsumen dalam waktu cepat, dan apabila terjadi kerusakan dalam pengiriman, pemesan diperkenankan untuk mengembalikan barang. [Baca Pembelian]

 

Pengunjung

Langganan


Facebook

Banner

 

© 2010 Jati Ornamen Gallery